Saran untuk Pemasangan ubin kayu (flooring)

Beberapa hal dibawah ini adalah saran/tips yang berguna untuk anda yang akan melakukan pemasangan lantai/ubin kayu (flooring)

  1. Lakukanlah pemasangan pada siang hari, hal ini untuk membantu proses penyortiran kayu flooring.
  2. Pasanglah kayu flooring yang memiliki serat dan warna yang lebih bagus pada daerah pintu masuk dan pasang kayu flooring yang memiliki serat biasa pada daerah bawah tempat tidur/lemari.
  3. Ukurlah ketinggian atau kemiringan dari bukaan daun pintu, hal ini untuk mencegah tergoresnya kayu flooring dengan daun pintu ketika pintu dibuka.
  4. Tentukan arah pemasangan. Kayu flooring sebaiknya dipasang searah dengan panjang ruangan.
  5. Untuk ruangan yang memiliki lebar lebih dari 4 meter, berikan nat (ukuran +-1 milimeter) setiap 4 baris kayu flooring. Hal ini untuk menghindari kerusakan ketika kayu flooring memuai. 
  6. Untuk mencegah kayu flooring tergores/beret, sering seringlah bersihkan ruangan ketika proses pemasangan. Gunakanlah penyedot debu atau sapu untuk membersihkan kayu flooring yang sedang di pasang. Pastikan juga bagian bawah sepatu anda bersih dari kotoran/benda tajam.
  7. Sebelum anda memulai memaku tembak kayu flooring, setel tekanan udara dalam kompresor sesuai dengan anjuran pabrik. pastikan landasan dari alat paku tembak bersih agar tidak menggores kayu flooring. 
  8. Sisakan beberapa keping kayu flooring untuk kebutuhan perbaikan di kemudian hari.