Estetika bordes dan konstruksi tangga

Tangga merupakan salah satu bagian dari suatu bangunan yang berfungsi sebagai alat penghubung lantai bawah dengan lantai di atasnya pada bangunan bertingkat dan terdiri dari suatu rangkaian anak tangga (trede).. Oleh karena itu, konstruksi tangga merupakan konstruksi bentuk miring.

Aantrede -
Optrede
Bidang trede datar yang merupakan tempat berpijaknya telapak kaki dinamakan langkah datar (Aantrede).

Bidang trede tegak yang merupakan selisih tinggi antara dua anak tangga (trede) yang berurutan dinamakan langkah tegak/naik (Optrede).

Apabila jarak tempuh tangga panjang (biasanya pada tangga lurus) atau pada peralihan arah tangga, dan demi keamanan serta kenyamanan, maka dibuat bordes.


Bordes  adalah area pada tangga yang merupakan transisi perjalanan naik turun atau sebaliknya. Fungsi bordes adalah untuk tempat istirahat (walaupun hanya sebentar) untuk melanjutkan pendakian ke atas atau perjalanan turun ke bawah.


Pada tangga lurus, bordes diperlukan jika anak tangga lebih dari 15 buah. Untuk menentukan panjang bordes (L) digunakan pedoman ukuran satu langkah normal datar (ln = 57 @ 65 cm) ditambah satu atau dua langkah panjat datar (Aantrede). Umumnya panjang bordes yang sering digunakan antara 80 cm - 150 cm.

contoh bordes pada proyek kami

konstruksi bordes tampak samping
konstruksi bordes tampak atas